Langsung ke konten utama

Irwan dan Illiza Memperebutkan Suara Anak Muda



Teuku Irwan Djohan adalah calon walikota yang punya basis pemilih setia di Kota Banda Aceh. Basis pemilih setianya berasal dari pemilih di beberapa kali pemilihan legislatif yang mengantarkan Irwan ke kursi DPRA. Irwan punya nama besar orang tua, Mayjen. Purn. Teuku Djohan, perwira militer yang kemudian berkarir politik di Golkar. Nama besar orang tua Irwan punya citra baik bagi masyarakat Aceh. Jejaring keluarga Irwan adalah keluarga besar yang juga punya reputasi baik.

Sementara itu, Illiza Saaduddin Djamal adalah calon walikota yang juga berasal dari keluarga yang cukup populer, adalah anak Sa'aduddin Djamal, tokoh agamis yang merupakan mantan politisi senior di PPP. Latar belakang keluarga Illiza bisa dikatakan berlatar belakang agamis. Irwan dan Illiza adalah dua tokoh yang merupakan bagian dari keluarga elite politik lama. Keduanya punya modal jejaring keluarga yang kuat dan reputasi yang baik.

Hingga saat ini menjelang Pilkada, di kalangan pemilih muda, kelas menengah dan terdidik, segmen ini menjadi wilayah tarung yang diperebutkan antara Irwan Djohan dan Illiza. Di luar kedua tokoh ini, tokoh lain semisal mantan walikota Aminullah dan Keuchik Zainal, keduanya tidak begitu populer dan diminati sebagaimana Irwan dan Illiza pada segmentasi pemilih muda-kelas menengah.

Kedua tokoh ini populer di mata anak muda kelas menengah Banda Aceh karena berbagai hal. Irwan pernah maju sebelumnya sebagai calon walikota yang merepresentasikan suara anak muda. Kala itu, jejaring Skull supporter Persiraja menjadi salah satu basis komunitas yang mendukungnya. Irwan saat itu juga didampingi oleh sejumlah anak muda yang menjadi mesin politiknya. Ia terjun ke kancah politik dengan ide dan gagasan yang coba mewakili aspirasi suara anak muda dengan basis dukungan komunitas anak muda. 

Sementara Illiza, akhir-akhir ini melalui sosial media, sepertinya ia cukup berhasil membangun support emosional dengan generasi muda melalui postingan-postingan sosial media yang ringan, renyah namun cukup efektif untuk menjalin hubungan emosional dengan anak muda. Dengan sapaan akrab "Bunda", gaya komunikasi publik Illiza melalui sosial media berhasil menciptakan citra bahwa Bunda adalah sosok yang peduli dan dekat dengan anak muda. Sapaan Bunda menjadikan Illiza seolah dekat dan akrab dengan followers sosial medianya. Pembangunan citra dan pola komunikasi publik di sosial media Illiza dapat dikatakan cukup signifikan membuat namanya diperhitungkan di Pilwalkot kali ini. 

Dibalik kepopuleran kedua tokoh ini, keduanya punya sisi pro-kontra dalam pandangan masyarakat Kota Banda Aceh. Irwan pernah dengan berani mendukung gagasan anak-anak muda untuk menghadirkan kembali bioskop di Banda Aceh. Baginya dan sebagian anak muda, bioskop adalah sarana kesenian dan budaya yang perlu dihadirkan di Banda Aceh. Sementara sebagian masyarakat menentang ide tentang bioskop karena dianggap berlawanan dengan semangat syariat Islam. 

Sementara Illiza, ia dianggap sebagai tokoh yang pro syariat Islam di satu sisi, sementara di sisi lain ia dianggap membawa wajah syariat yang membatasi kebebasan anak muda. Sebagian anak muda, ketika Illiza menjabat walikota, mengeluhkan penegakan syariat Islam yang tajam ke bawah namun tumpul ke atas. Dengan artian bahwa, mereka menganggap Illiza menegakkan pelaksanaan syariat Islam secara tebang pilih. 

Hingga saat ini, sejauh yang saya ketahui, baik Irwan dan Illiza belum menyuarakan ide dan gagasan kongkrit jelang Pilkada. Banda Aceh merupakan kota yang maju dan unggul, misalnya jika dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Namun kota ini bukan tidak punya masalah sama sekali. Masih ada persoalan layanan publik yang belum teratasi dengan baik. Masalah penyediaan layanan air bersih misalnya. Atau masalah dukungan pemerintah kota terhadap penyediaan lapangan kerja, dukungan untuk usaha, serta dukungan pembiayaan bagi UMKM. Tentu hal-hal tersebut membutuhkan solusi kongkrit yang mampu menyelesaikan masalah. 

Masalah pelaksanaan syariat Islam di Banda Aceh, menurut hemat saya, adalah suatu hal yang sangat baik. Namun bagaimana pelaksanaan syariat yang menyeluruh perlu diperhatikan, bukan sebatas hukuman jinayah saja. Penting untuk memperhatikan bagaimana pendidikan syariat direncanakan dan dikembangkan oleh pemerintah kota, khususnya bagi generasi muda dan anak usia sekolah. Juga bagaimana berbagai problematika masyarakat dikaji dan dicari solusinya melalui kacamata syariat, dan tentu bukan hanya sebatas masalah hukuman. 

Kita berharap kedua tokoh ini bisa merumuskan agenda pembangunan melalui visi-misi yang bukan hanya menyalurkan aspirasi masyarakat kota, tapi benar-benar kongkrit dalam menjawab permasalahan Kota Banda Aceh kita tercinta.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Banda Aceh Kota Tua Bersejarah, Kini Kehilangan Banyak Bangunan Bersejarah

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota tertua yang ada di Indonesia. Berdirinya kota ini ditandai dengan awal mula kerajaan Aceh di tahun 1205 yang didirikan oleh Sultan Johan Syah.  Kota Banda Aceh selama ratusan tahun menjadi kota pelabuhan penting di Kepulauan Nusantara. Kapal-kapal dagang yang masuk ke wilayah Nusantara untuk berdagang dan membeli hasil alam berupa rempah-rempah, terlebih dulu singgah di Aceh. Tak hanya pedagang Muslim dari Arab, Turki dan Gujarat, pedagang dan penjelajah asal Eropa juga turut menyinggahi Aceh. Banda Aceh digambarkan sebagai kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan penting. Kota ini dibelah oleh sebuah sungai yang oleh penduduk lokal disebut dengan Kreung Aceh. Di tengah-tengah kota terdapat Istana Kerajaan yang di dalamnya mengalir sungai buatan yang dikenal dengan nama Krueng Daroy. Sungai ini dibuat mengalir melintasi istana dan bersambung alirannya dengan Kreung Aceh.  Ketika Aceh takluk oleh kolonial Belanda di tahun ...

Banda Aceh Yang Berubah: Potret Sosiologis Kota Banda Aceh

Garuda Theatre, salah satu bioskop di Band Aceh tempo dulu. Foto   FOTO/roeshanny.wordpress.com. Banda Aceh dahulu, sebelum tsunami, mungkin akan menjadi kenangan nostalgia yang manis bagi warganya. Khususnya bagi mereka yang lahir, besar dan beranjak dewasa di kota ini. Dari pengalaman saya mendengarkan penuturan warganya, khususnya yang berusia lebih tua dari saya, Banda Aceh dalam ingatan mereka begitu indah.  Indahnya ingatan itu, karena Banda Aceh adalah kota yang menjadi tempat segala kisah masa kecil, remaja dan menjadi dewasa, mengambil tempat di kota ini. Saya yang lahir dan besar di kota ini, juga mengenang betapa manisnya kisah masa lalu itu. Saya coba merekam potret sosiologis kota ini di era 90’an hingga 2000’an hingga menjelang tsunami. Corak sosiologis yang tak hitam putih, bahkan saya juga coba mengangkat sisi gelap yang pernah ada di kota ini. Sebagaimana menulis sejarah, gambaran utuh harus dihadirkan. Keutuhan itu juga berupa konfigurasi sosial, patolog...

Tentang Nelayan Membuang Ikan 3 Ton di Lampulo dan Potensi Industri Pengolahan Ikan

Nelayan membuang 3 ton hasil tangkapannya di Lampulo, Kamis, (2/5) karena hasil tangkapan nelayan kali ini membludak. Mengakibatkan harga ikan di pasar anjlok. Mereka terpaksa membuang karena jika dijual, mereka tetap rugi, sementara kondisi ikan mulai membusuk.  Kejadian ini sangat disayangkan mengingat potensi laut kita yang cukup besar. Jumlah tangkapan ikan di musim tertentu bisa membludak. Jika stok membludak, harga ikan bisa menurun drastis. Sementara jumlah ikan yang mampu ditampung di cold storage terbatas. Katanya, sejumlah cold storage yang pernah dibangun untuk menampung hasil tangkapan ikan di Aceh, tinggal 46 persen yang masih berfungsi. Sisanya sudah tidak bisa digunakan lagi.  Keadaan ini patut disesali. Pertama, pemerintah yang telah membangun infrastruktur cold storage untuk menampung ikan, sebagiannya rusak tak dapat digunakan lagi. Tentu ini masuk kategori pemborosan anggaran yang merugikan kita semua.  Kedua, sistem supply chain atau rantai dagang peri...